Home » » Teknologi Baru: Google Glass Ternyata Tidak Dibekali dengan Fitur Pengenal Wajah

Teknologi Baru: Google Glass Ternyata Tidak Dibekali dengan Fitur Pengenal Wajah

Berita tentang Google Glass memang tidak ada habisnya. Meski gadget yang satu ini masih belum resmi di release ke end user, berita tentang perangkat yang satu ini selalu saja menarik untuk diikuti. Setelah sebelumnya disebarkan kepada para developer, aplikasi untuk Google Glass mulai tampak semakin banyak. Namun sayangnya end user masih harus bersabar untuk menunggu waktu perilisan gadget besutan Google ini. Dari sisi penampilan, gadget yang satu ini memang menarik sih. Bayangkan saja, teknologi komputasi kini tidak lagi harus dioperasikan dengan jari. Bukan hal yang mustahil jika nanti sistem navigasi berevolusi ke model navigasi suara. Saat ini teknologi ini juga sudah ada. Hanya tinggal pengembangannya saja hingga bisa sampai ke tangan konsumen dengan harga yang lebih terjangkau.
Dalam Google Glass pun kini banyak tersimpan teknologi yang sangat mengagumkan. Selain mengagumkan dari sisi bentuk dan kemampuan, fitur-fitur yang akan disajikan oleh perangkat yang satu ini juga diperkirakan akan semakin menarik. Namun ada satu hal yang patut disayangkan. Meski telah dibekali dengan teknologi yang sangat canggih ternyata Google Glass masih belum dibekali dengan sistem pengenal wajah. Mengingat kecanggihan yang diusung oleh Google Glass, hal ini tentunya sangat disayangkan, terlebih mengingat bahwa teknologi pengenal wajah saat ini juga sudah ada.
Menurut statement yang dinyatakan oleh Google, raksasa mesin pencarian tersebut tidak akan menyediakan fitur pengenal wajah sebelum memiliki perlindungan privasi yang kuat. Ini memang masuk akal. Aku juga berpikir nantinya pasti dibutuhkan suatu aturan atau sistem khusus yang dapat memastikan bahwa tidak ada tindakan iseng yang dilakukan melalui Google Glass.
Terkait dengan fitur pengambilan gambar, Google juga tidak mengizinkan para pengembang untuk menonaktifkan layar Google Glass. Hal ini untuk menanggulangi kasus pencurian privasi atau pengambilan gambar tanpa sepengetahuan pihak yang diambil gambarnya. Menurutku aturan ini pasti akan menyulitkan mereka yang suka iseng mengambil foto secara diam-diam. Tapi bukan hal yang mustahil jika nanti ada beberapa pengembang illegal yang iseng membuat aplikasi semacam itu.

Share this Post :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Venus Net | SMP Negeri 2 Pagak | Jl. Batu Putih 01 Pagak
Copyright © 2011. SMP NEGERI 2 PAGAK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Heru Dwi Prasetyo
Proudly powered by Blogger